Monday, May 10, 2010

Bersihkan diri dari SAMPAH KEHIDUPAN (part2)

nyambung dari pembahasan sebelumnya...

Ternyata sampah masa lalu gak selamanya berbicara masalah kekerasan fisik.. Tapi secara gak sadar seringkali ada hal-hal lain yang membekas dan menjadi sampah dalam kehidupan kita.

KEKERASAN ORAL
Apabila anda melihat seseorang suka berteriak-teriak, mengeluarkan kata-kata kotor serta sering merendahkan dan menghina orang lain sadarilah bahwa orang tersebut pasti pernah atau sering mendapatkan kekerasan secara oral pada masa kecil atau masa lalu.

Ada banyak orang pada masa kecilnya yang sering dibentak-bentak orang tuanya, atau sering dihina dan mendapatkan panggilan yang diidentikkan dengan binatang.

Perhatikan saja sekelompok anak-anak yang sedang bermain dilingkungan anda, apabila ada salah satu dari kelompok anak-anak itu yang suka berbicara dengan kasar atau mengeluarkan kata-kata kotor kepada teman-temannya, bisa ditebak bahwa ia mungkin sering mendengarkan ucapan kotor atau teriakan dari orang tuanya.

Sebagaiamana kekerasan secara fisik bisa membekas dalam hati seseorang maka perkataan dan ucapan yang kasar dan kotor juga bisa melukai hati seseorang. Apabila seseorang sering mendapatkan perkataan kasar dan kotor dimasa lalunya maka sadar atau tidak ia juga akan berbicara dan mengucapkan perkataan kasar dan kotor kepada orang lain juga.

Nah, apabila diantara rekan-rekan masih ada yang memiliki gaya bicara kental dengan nuansa perkataan kotor dan kasar, maka anda harus membereskannya karena itu merupakan sampah yang harus dibuang dari hidup anda.

Solusinya :

1. Sebagaimana kita harus mengampuni orang yang telah berlaku kasar secara fisik, demikian juga kita harus berdoa dan mengampuni siapapun orang yang telah melakukan kekerasan secara oral pada kita dimasa lalu.
2. Pada saat ini, kita juga harus berkomitmen kepada Tuhan, diri sendiri dan sesama kita untuk tidak mengucapkan perkataan kasar, kotor, dan perkataan yang merendahkan orang lain.
3. Untuk waktu-waktu ke depan, mulailah menambahkan perbendaharaan kata-kata yang baik, positif, mulia dalam berkomunikasi dengan orang lain.

2 comments:

  1. Hmmm...untuk yang masih susah untuk menghindari cakap kotor, bisa dengan cara mengganti kata kotornya jadi nama buah-buahan (loh?)

    ya seperti mangga lah...rambutan lahh....
    :D

    ReplyDelete
  2. huahahaha... kocak juga tu pake nama buah! :)

    Tapi menurut gw yang paling bener sih, kudu beresin hati dulu. Karena ada tertulis, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

    Kalo hatinya dah bers, pasti keinginan buat ngomong kotor jg ga ada.. malah bisa risih sendiri.

    ReplyDelete