Thursday, May 6, 2010

Bersihkan diri dari SAMPAH KEHIDUPAN (part1)


Hellow guys,

Dah lama gak berbagi.. Berhubung beberapa temen nanyain, kali ini gw mau share tentang apa yang lagi dibahas JUMP Sabtu kemaren.

Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. Yakobus 1:21

Ada beberapa bentuk sampah kehidupan yang harus kita bersihkan dari hidup kita, salah satunya SAMPAH MASA LALU. Sampah masa lalu ini biasanya bisa kita temukan dalam bentuk pengalaman-pengalaman buruk yang kita pernah kita alami dimasa kecil seperti:

KEKERASAN FISIK


Pernah gak mendapatkan perlakuan kasar secara fisik atau dipukul oleh orang tuanya, saudara yang lebih besar atau orang lain?

Perlakuan kasar, pemukulan fisik atau penyiksaan yang berlebihan bisa membekas dalam hati dan terekam di alam bawah sadar kita.

Pengalaman buruk ini biasanya menjadi trauma tersendiri bagi orang-orang tertentu. Tanpa disadari kadangkala orang yang memiliki pengelaman kekerasan fisik dimasa lalu akan berbuat hal yang sama kepada orang lain.

Perhatikanlah, apabila anda pernah dipukul orang tua anda, maka kemungkinan dimasa yang lalu orang tua tersebut pernah atau sering dipukul orang tuanya juga. Dan sebagai akibatnya kita juga akan memiliki potensi untuk memukul orang lain atau anggota keluarga kita juga.

Perilaku ini bisa berulang kembali atau menjadi siklus kehidupan yang terus berputar apabila tidak segera dibereskan. Tentu kita bertanya bagaimana caranya membuang atau mengatasi kekerasan fisik dimasa lalu ini agar tidak menjadi ganjalan dalam kehidupan kita.

Sulosinya :
1. Kita harus berdoa kepada Tuhan agar membereskan pengalaman buruk dimasa lalu yang berkaitan dengan kekerasan fisik yang pernah kita alami.

2. Apabila anda masih memiliki ganjalan dalam terhadap orang tua, atau anggota keluarga lainnya yang telah melakukan kekerasan fisik pada diri saudara dimasa lalu, maka berdamailah dengan orang tersebut. Memang untuk melakukan ini tidak mudah, namun percayalah apabila anda memohon pertolongan kepada Tuhan maka Dia akan campur tangan menyelesaikannya.

3. Ambil keputusan untuk tidak melakukan kekerasan kepada anggota keluarga anda atau kepada teman-teman dekat anda mulai saat ini.

Pernah punya pengalaman yang sama, atau sudah bebas dari sampah masa lalu yang ini? Berbagi yuk! :)

By: Gordon S.

5 comments:

  1. thanx God, gw ga pernah dapet perlakuan kasar secara fisik dari fam. Tapi Waktu sekolah pernah. Hampir seminggu sekali dapet "jatah" dari senior.

    Bener juga sih gara-gara itu sempet jadi bandel bgt, buat ngebuang rasa takut itu gw lampiasin dengan bikin onar di kelas.

    Untungnya sekarg dh gak lagi^^

    ReplyDelete
  2. baru sadar... ternyata masa lalu yang negatif bisa kasih dampak yang negatif buat kita kalo kita terus nampung tuh 'sampah masa lalu' di dalem hati....

    Praise The LORD... Dia mau jadi 'cleaning service' buat bersihin sampah kita secara free... asal kita mau buka tutup 'tong sampah' dalam hidup kita.... dan ngebiarin DIA bersihin semuanya...

    have a blessed day all
    JESUS love YOU... =D

    ReplyDelete
  3. Bener gak sih, dosa itu bisa turun ke anaknya? Kalo tukang pukul, anaknya doyan mukul juga. Kalo bercerai, anaknya nanti cerai juga. Kalo pernah selingkuh, biasanya anaknya juga.. Soalnya sering banget ngeliat kejadian begitu!

    ReplyDelete
  4. @Blessyalalala: Yups, bener banget.. Dia selalu siap mengubahkan kehidupan kita, asal kita bersedia buka hati :)

    ReplyDelete
  5. @??: Kayaknya kebanyakan orang tanpa sadar sering nyimpen rasa benci/kecewa akan masa lalu mereka/orangtua mereka yang menyebabkan tanpa mereka sadari, mereka mengisi pikiran dan hati mereka dengan kesalahan2 itu..

    Gak heran kalo suatu saat akhirnya mereka ngelakuin kesalahan yang sama?!

    ReplyDelete